ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN ASESMEN PEMBELAJARAN KIMIA MENURUT SIKLUS BELAJAR CATUR PRAMANA
Kamis, 5 Juli 2012 pada 12:07 pm | Ditulis dalam Jurnal, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan | Tinggalkan Komentar
Kaitkata: analisis kebutuhan, perangkat dan asesmen pembelajaran kimia
ISSN 1979-7109 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Volume 4, Nomor 1, April 2010
Penulis:
Nyoman Retug, I Wayan Suja, & Frieda Nurlita
Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Undiksha
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan melakukan analisis kebutuhan dalam rangka pengembangan perangkat dan asesmen pembelajar kimia menurut Siklus Belajar Catur Pramana. Populasi penelitian mencakup seluruh SMA di Provinsi Bali pada tahun 2009/2010. Sampel penelitian ditetapkan dengan teknik purposive sampling mempertimbangkan status sekolah, serta keadaan sosial dan alamiahnya. Data penelitian berkaitan dengan kondisi daya dukung sumber daya manusia dan fasilitas sekolah terhadap pembelajaran kimia, serta kendala-kendala instruksional yang dihadapi guru dalam pembelajaran kimia. Data dikumpulkan dengan daftar isian, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket; serta dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian ini: (1) daya dukung sekolah terhadap pembelajaran kimia tergolong positif ditinjau dari manajemen sekolah, namun mengalami keterbatasan berkaitan dengan ketersedian alat dan bahan kimia serta laboran yang berkualifikasi, (2) guru menghadapi berbagai kendala dalam pembelajaran kimia berkaitan dengan keterbatasan ruang, alat-alat dan bahan-bahan kimia, serta hambatan psikologis guru yang tidak merasa puas sebelum memberikan banyak informasi.
Kata-kata kunci: analisis kebutuhan; perangkat dan asesmen pembelajaran kim
Discussion
No comments yet.